walking LED

7.09.2012

Sarasehan Pancasila Untuk Masyarakat Pedusunan Klopo Sepuluh Wates


Wates, Selasa (GAFATAR D05) – Dalam rangka mengembalikan posisi Pancasila dalam kehidupan masyarakat Kulonprogo sekaligus menggunakan momentum hari lahir Pancasila, DPC Gafatar Wates mengadakan acara sarasehan Pancasila. Acara yang bertema “Pancasila sebagai Jati Diri Bangsa” ini ditujukan kepada masyarakat Pedusunan Klopo Sepuluh. Mengambil lokasi di Pendopo Rumah tokoh daerah setempat, Mujiyo, sarasehan dihadiri tidak kurang 61 orang. Terdiri dari 18 anggota Gafatar sendiri dan 43 warga setempat.


Dalam kesempatan ini, rombongan Gafatar Wates disambut oleh Siti Aminingsuh selaku Bagian Kesra dari Desa Bendungan. Usai penyambutan, acara berlanjut dengan penyampaian visi dan misi dari Gafatar kepada peserta sarasehan oleh Ketua DPC Gafatar Wates, Arif Yunandar. Lalu dirangkai dengan penyampaian materi nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila pada Pancasila oleh Toto Nugroho.


Pada Sarasehan Pancasila tersebut ditekankan kembali tentang pentingnya pemahaman mengenai pancasila secara utuh. Saat ini Pancasila jarang sekali dibicarakan dalam keseharian kita. Ibaratnya, Pancasila ditempatkan dalam sebuah lorong kesunyian ditengah-tengah hiruk pikuk bangsa. Dalam sarasehan, para peserta dikenalkan kembali dengan pemahaman nilai-niali luhur yang terkandung dalam Pancasila sebagai pemersatu bangsa dan mengajak peserta untuk bersama Gafatar membangkitkan kembali nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian kita sebagai bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar: